Tautan-tautan Akses

AS Desak Hamas Terima Proposal Terbaru Gencatan Senjata


Seorang tentara Israel berjalan di samping tank yang berada di dekat perbatasan Israel-Jalur Gaza, pada 2 Mei 2024. (Foto: Reuters/Amir Cohen)
Seorang tentara Israel berjalan di samping tank yang berada di dekat perbatasan Israel-Jalur Gaza, pada 2 Mei 2024. (Foto: Reuters/Amir Cohen)

Departemen Luar Negeri AS mendesak Hamas untuk menerima usulan terbaru mengenai gencatan senjata di saat Hamas mengatakan pihaknya telah mengirim delegasi ke Kairo untuk melanjutkan perundingan.

Dalam sebuah pernyataan, pemimpin tertinggi kelompok itu, Ismail Haniyeh, mengatakan dia telah berbicara dengan kepala intelijen Mesir dan “menekankan semangat positif gerakan tersebut dalam mempelajari proposal gencatan senjata.”

Meskipun pernyataan itu tidak menyebutkan kapan delegasi tersebut akan melakukan perjalanan, Hamas diperkirakan akan menyampaikan jawaban atas usulan terbaru Mesir secepatnya.

Berbicara kepada wartawan di Washington pada Kamis (2/5), juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller mengatakan, “Ada usulan yang menjawab sebagian besar tuntutan yang disampaikan oleh Hamas dalam putaran perundingan sebelumnya.”

“Israel memberikan tawaran yang signifikan. Dan, pada proposal terakhir yang diajukan, mereka berkompromi dengan banyak posisi yang sudah lama mereka ambil,” katanya. “Hamaslah satu-satunya penghalang bagi gencatan senjata saat ini. Dan kami menunggu tanggapan mereka,” tambah Miller.

Perkiraan baru dari Perserikatan Bangsa-Bangsa menunjukkan bahwa jika perang Israel-Hamas berhenti hari ini, maka masih diperlukan waktu hingga tahun 2040 untuk membangun kembali semua rumah yang telah hancur dalam hampir tujuh bulan akibat pemboman dan serangan darat Israel.

Miller juga menanggapi laporan bahwa Hamas mencegat sebagian pengiriman bantuan pertama ke Gaza utara melalui penyeberangan yang baru dibuka kembali.

Hamas menahan truk-truk tersebut “untuk beberapa waktu” namun pekerja kemanusiaan PBB telah mendapatkan kembali bantuan tersebut, kata Miller.

Miller mengatakan ini adalah pengalihan besar pertama kiriman bantuan oleh Hamas selama hampir enam bulan perang di Gaza. Israel berulang kali menuduh Hamas mencuri bantuan di Gaza.

World Central Kitchen Kembali Beroperasi di Gaza, Flotilla Justru Tertunda
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:17 0:00

Konvoi kemanusiaan tersebut adalah konvoi yang sama yang diblokir oleh pemukim Israel sebelumnya pada hari Rabu (1/5) dalam upaya untuk mencegah konvoi melewati penyeberangan Erez ke Gaza, kata Miller.

Miller, yang mengutuk tindakan pemukim Israel tersebut, menyebut pengalihan kiriman bantuan yang dilakukan Hamas sebagai “tindakan yang tidak dapat diterima” dan mengatakan tindakan seperti itu membahayakan upaya internasional untuk memasukkan makanan ke wilayah tersebut guna mencegah ancaman kelaparan.

Dia menolak untuk mengidentifikasi organisasi kemanusiaan yang terlibat, atau mendiskusikan kru yang ikut dalam pengiriman tersebut. [lt/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG